ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA MEDAN
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan pada masing – masing suatu perusahaan dan masing
– masing instansi pemerintahan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan antara lain sistem pengendalian manajemen dan pengendalian internal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan sistem pengendalian manajemen terhadap kualitas pelayanan Pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengendalian internal terhadap kualitas pelayanan pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Untuk mengetahui seberapa besar sistem pengendalian manajemen dan pengendalian internal secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.Teknis analisis menggunakan analisis data kuantitatif, Hasil penelitian membuktikan bahwa system pengendalian manajemen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karyawan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Hal ini diindikasikan oleh t-hitung X1 (5.314) > t-tabel (1.982) dan sig-p (0.000) < 0.05. Pengendalian internal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karyawan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Hal ini diindikasikan oleh t-hitung X2 (4.918) > t-tabel (1.982) dan sig-p (0.000) < 0.05. Sistem pengendalian manajemen dan pengendalian internal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Hal ini diindikasikan oleh nilai F-hitung (11.052) > F-tabel (3.08) dan sig-p (0.00) < 0.05).
Collections
- Manajemen [1151]