PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA IRIAN SUPERMARKET SUKARAMAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Irian supermarket Sukaramai. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kota Medan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis variabel yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis data yang diperoleh dari persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 3.188 + (-0.237) X1 + 0.662 X2 + 0.035 X3. Dari hasil uji analisis regresi linear berganda variabel Persepsi harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar -0.237, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.662, dan variabel lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.035. Dari hasil uji t variabel persepsi harga berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil uji F persepsi harga, kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel persepsi harga, kualitas pelayanan, dan lokasi menjelaskan kepuasan pelanggan hanya sebesar 0.763 atau 76.3% sedangkan sisanya sebesar 0.237 atau 23.7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]