PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMUDAHAN AKSES DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRABCAR DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan akses dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Grabcar di Kota Medan. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Medan dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan, kemudahan akses dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Grabcar di Kota Medan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan regresi berganda yaitu Y = 1,111 + 0,285 Kualitas Pelayanan + 0,401 Kemudahan Akses + 0.324
Fasilitas yang menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, kemudahan akses dan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji parsial (Uji t) diketahui bahwa kualitas pelayanan, kemudahan akses dan fasilitas , masing - masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya berdasarkan uji simultan kualitas pelayanan, kemudahan akses dan fasilitas secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Koefisien determinasi (R2) 0,576 yang berarti ketiga variabel bebas dapat menjelaskan variasi variabel tidak bebas sebesar 57,69. Sisanya 42,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]