PENGARUH MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2021/2022
Abstract
Pada penelitian ini terdiri 9 kelas dengan jumlah siswa 280 orang dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan kelas yan dipilih menggunakan teknik Closter sampling. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dengan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa.
Untuk memperoleh data instrumen yang digunakan adalah teks penegasan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan maka kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2021/2022 tanpa menggunakan media karikatur yakni memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 60,16, sedangkan kemampuan siswa menulis teks dekripsi dengan menggunakan media karikatur memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai 74,53. Kemudian setelah dilakukan uji hipotesis maka diketahui data terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan dibuktikan dengan perhitungan data dan analisis data bahwa thitung > ttabel yaitu 7,643 > 2,04 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.