• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP GBKP KABANJAHE T.P 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    Emmy Srimayanti Tarigan.pdf (371.0Kb)
    Date
    2022-01-20
    Author
    TARIGAN, EMMY SRIMAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMP GBKP Kabanjahe T.P 2021/2022, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, terhadap kemampuan belajar siswa SMP GBKP Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretest-Posttest Design,dan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP GBKP Kabanjahe terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sistem non random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli yaitu guru bidang studi IPA SMP. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretestt dan posttest, pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors menggunakan Ms.excel. Selanjutnya data untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dan telah diuji dengan menggunakan uji F di Ms.excel. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksprimen dan kontrol untuk α = 0,05 Dari data postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,167 dengan standar deviasi 12,211dan nilai rata-rata kelas kontrol 67,667 dengan standard deviasi 12,158. Perhitungan uji t satu pihak postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,794dan ttabel = 1,671 sehingga diperoleh nilai thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen nilai rata-rata 72,57besar pengaruh aktivitas belajar sebesar 0,57 %. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP GBKP Kabanjahe semester ganjil TP. 2021/2022. Sedangkan hubungan masing-masing variabelnya berpengaruh melalui uji regresi Y= 29,18+0,57X dan berkorelasi positif kuat.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6248
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback