PENGARUH MODEL PROBLEM BASED-LEARNING SECARA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 SITOLU ORI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based-learning secara online terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sitolu Ori. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sitolu Ori. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara non random dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes hasil belajar objektif bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas peserta didik yang dilakukan selama 2 kali pertemuan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 81,67 dengan standar deviasi 10,90 tergolong baik dan 57,50 dengan standar deviasi 11,89, tergolong cukup. Berdasarkan uji-t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol pada α = 0,05 dan dk = 46 diperoleh thitung sebesar 7,57, dan ttabel sebesar 1,35, yang berarti bahwa H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based-learning secara online terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sitolu Ori.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]