PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP H AS I L B E L AJ A R P ES E RT A DI D I K KELAS VII SMP NEGERI 1 ONOLALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Onolalu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Onolalu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara
langsung yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan soal dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan selama 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong cukup aktif, sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil penelitian, nilai rata- rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 73,75 dengan standar deviasi 9,92 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 62,39 dengan standar deviasi 10,54 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil yang diperoleh melalui uji -t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk probabilitas =
0,05 diperoleh signifikansi = 0,02 dengan 0,02 lebih kecil dari 0,05. Maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Onolalu.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]