• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KREATIF TINGKAT TINGGI PADA PESERTA DIDIK SMP

    Thumbnail
    View/Open
    NENSI NOPITASARI DAMANIK.pdf (329.5Kb)
    Date
    2022-01-17
    Author
    DAMANIK, NENSI NOPITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan mengnalisis kualitas pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model formative research yang melalui 4 tahap yaitu preliminary, self evaluation, dan prototyping serta field test. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 SMP Negeri 27 Medan dengan jumlah 32 peserta didik. Hasil yang diperoleh pada uji validitas isi soal dinyatakan valid karena pada CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) rata-rata skor total adalah 1 dengan kategori sangat sesuai atau berada pada interval 0,68-1,00 hasil uji coba angket respon peserta didik adalah 68,5% pada kategori positif karena lebih dari 50% peserta didik yang merespon positif, hasil uji coba reliabilitas rata-rata skor total adalah 0,63 dengan kategori tinggi (reliabel) karena berada pada interval 0,60< r11≤0,80, hasil analisis tingkat kesukaran rata-rata skor total adalah 0,07 dengan kategori sangat sukar karena berada pada interval 0,00-0,15 dan hasil analisis daya pembeda rata-rata skor adalah 0,18 dengan kategori rendah karena berada pada interval 0,00<Dp≤0,20 serta hasil analisis untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi terdapat 16 peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, 11 peserta didik termasuk dalam kategori baik, 2 peserta didik termasuk dalam kategori cukup, sehingga diperoleh rata-rata skor total adalah 76,87 dengan kategori baik karena 60 < nilai ≤80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi di SMP Negeri 27 Medan dengan kualitas yang baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6193
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback