dc.description.abstract | Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan mengnalisis kualitas pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model formative research yang melalui 4 tahap yaitu preliminary, self evaluation, dan prototyping serta field test. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 SMP Negeri 27 Medan dengan jumlah 32 peserta didik.
Hasil yang diperoleh pada uji validitas isi soal dinyatakan valid karena pada CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) rata-rata skor total adalah 1 dengan kategori sangat sesuai atau berada pada interval 0,68-1,00 hasil uji coba angket respon peserta didik adalah 68,5% pada kategori positif karena lebih dari 50% peserta didik yang merespon positif, hasil uji coba reliabilitas rata-rata skor total adalah 0,63 dengan kategori tinggi (reliabel) karena berada pada interval 0,60< r11≤0,80, hasil analisis tingkat kesukaran rata-rata skor total adalah 0,07 dengan kategori sangat sukar karena berada pada interval 0,00-0,15 dan hasil analisis daya pembeda rata-rata skor adalah 0,18 dengan kategori rendah karena berada pada interval 0,00<Dp≤0,20 serta hasil analisis untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi terdapat 16 peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, 11 peserta didik termasuk dalam kategori baik, 2 peserta didik termasuk dalam kategori cukup, sehingga diperoleh rata-rata skor total adalah 76,87 dengan kategori baik karena 60 < nilai ≤80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi di SMP Negeri 27 Medan dengan kualitas yang baik. | en_US |