PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) BERBANTU WHATSAPP GRUP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERPANGKATAN SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.P. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Berbantu Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Pada Materi Perpangkatan SMP Swasta Parulian 2 Medan T.P. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pelitiannya adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian mengunakan simple random sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (IX-2) dan sebagai kelas kontrol (IX-3). Dimana penelitian ini dilakukan pada saat pandemi Covid-19, penelitian ini dilaksanakan berbantu whatsapp grup dan tatap muka atau langsung melaksanakan pembelajaran di sekolah. Dari hasil data diperoleh t_hitung=2,769. Jika dibangkan dengan harga 〖t_hitung>t〗_tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_a diterima, maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Berbantu Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Pada Materi Perpangkatan SMP Swasta Parulian 2 Medan T.P. 2021/2022 sampel diterima.
Collections
- Pendidikan Matematika [626]