• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 PARLILITAN TP 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Maria Diah Fany Simanjuntak.pdf (340.4Kb)
    Date
    2021-12-20
    Author
    SIMANJUNTAK, MARIA DIAH FANY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA dalam pelajaran fisika di sekolah SMA Negeri 1 Parlilitan pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan desain penelitianyang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Parlilitan terdiri dari 3 kelas, dengan teknik pengambilan sampel dilakukan purposive sampling, maka diperoleh kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli yaitu guru bidang studi Fisika SMA.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttestkelas eksperimen 77,33 dengan standar deviasi 7,96 dan nilai rata-rata posttest kontrol 70,17 dengan standar deviasi 6,23. Hasil uji prasyarat data menyatakan sampel terdistribusi normal diperoleh Lhitung kelas eksperimen adalah 0,100 dan Lhitung kelas kontrol adalah 0,145 dan Ltabel adalah 0,161 dan sampel yang homogen diperoleh Fhitung adalah 1,63 dan Ftabel adalah 1,86. Dari hasil uji t dua pihak untuk data pretest kelas eksperimen dan kontrol di peroleh thitung adalah 0,39 dan ttabel adalah 2,00 maka Ho diterima dan Ha ditolak bahwa kemampuan awal peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksprimen dan kontrol untuk α adalah 0,05 di peroleh thitung adalah 3,74 dan ttabel adalah 1,67, dengan thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi gelombang cahaya kelas XI IPA SMA Negeri 1 Parlilitan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5914
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback