PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA SMA SWASTA PERMATA KASIH TP 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok usaha dan energy di kelas X SMA Swasta Permata Kasih TP 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Permata Kasih TP 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang dipilih secara sistematis dengan teknik nonprobabilty sampling yaitu terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitasnya lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pretes 23,73 dengan standar deviasi 11,39 dan nilai rata-rata postes 48,80 dengan standard deviasi 12,58. Dari hasil melalui uji t dua sampel berkorelasi untuk data pretes dan postes untuk α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh thitung = 14,701 dan ttabel = 1,671, dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima dan sebaliknya Ho ditolak. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok usaha dan energy di kelas X MIA SMA Swasta Permata Kasih TP 2020/2021. Berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil Y = 25,95 + 0,33X yang menunjukkan efek yang signifikan dan hasil uji korelasi dengan perolehan nilai koefisien korelasi r = 0.69 mengkategorikan bahwa hubungan kedua variabel tergolong kuat.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]