PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PARLILITAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design, dan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan terdiri dari 3 kelas. Penarikan sampel dilakukan secara non random dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-B dan VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli yaitu guru bidang studi IPA SMP.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretestt dan post-test, pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors. Selanjutnya data untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dan telah diuji dengan menggunakan uji-F. Uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t (uji satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 3,53 dan ttabel = 1,67 maka hasil hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang diajar melalui model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Getaran, Gelombang dan Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Parlilitan. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 12,60% pada kelas eksperimen dan kontrol disebabkan oleh adanya perbedaan pemberian perlakuan terhadap kedua kelas.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]