• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARDINGDING

    Thumbnail
    View/Open
    FORDINAN SEMBIRING.pdf (366.7Kb)
    Date
    2021-12-20
    Author
    SEMBIRING, FORDINAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 3 Mardingding TP. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Mardingding. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive untuk menentukan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh tiga validator ahli. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 78,846 dengan standar deviasi 10,228 dan skor rata-rata posttest kelas kontrol 65,769 dengan standar deviasi 12,704. Hasil uji prasyarat data menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Melalui uji-t satu pihak untuk data posttest kelas eksprimen dan kontrol untuk α = 0,05 di peroleh thitung = 3,198 dan ttabel = 1,670, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan besar pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik adalah 19,90 %. Dari hasil uji-t satu pihak disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 3 Mardingding TP. 2020/2021. Besar pengaruh aktivitas belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada basis 0,232.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5910
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback