• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SUMATERA UTARA

    Thumbnail
    View/Open
    INTAN PERMATA SARI SITOMPUL.pdf (238.8Kb)
    Date
    2021-12-13
    Author
    SITOMPUL, INTAN PERMATA SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan melayani dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 49 orang pegawai, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 49 orang responden dengan menggunakan tehnik sensus, dengan kriteria yang digunakan sebagai sampel adalah pegawai. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan cara pengumpulan data melalui kuesioner dengan satuan skala ordinal, wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis regresi dihasilkan bahwa variabel kepemimpinan melayani dan budaya organisasi memiliki koefisien regresi yang positif terhadap kepusan kerja, yang artinya apabila kepemimpinan melayani dan budaya organisasi ditingkatkan maka kepuasan kerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara akan semakin meningkat. Juga dapat disimpulkan bahwa yang paling kuat atau dominan mempengaruhi kepuasan kerja pegawai adalah kepemimpian melayani, karena memiliki koefisien regresi yang paling tinggi dibandingkan dengan variabel budaya organisasi. Juga berdasarkan analisis uji t menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan melayani dan budaya organisasi secara parsial dengan kepuasan kerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara. Dengan Uji F dihasilkan kepemimpinan melayani dan budaya organisasi secara serempak/keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Dari hasil pengujian kosfisien determinasi (R2) dengan Nilai adjusted R square sebesar 0,581 yang menunjukkan bahwa 58,1 % variabel kepuasan kerja pegawai dapat dijelaskan oleh kepemimpinan melayani dan budaya organisasi sedangkan sisanya 41,9 % diterangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5764
    Collections
    • Manajemen [1230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback