• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAHAE JAE

    Thumbnail
    View/Open
    SAMUEL NAINGGOLAN.pdf (397.1Kb)
    Date
    2021-12-10
    Author
    NAINGGOLAN, SAMUEL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok impuls dan momentum kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae TP 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik non random sampling, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan soal dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas peserta didik yang dilakukan selama 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong cukup aktif, sedangkan hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil penelitian, nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 82,83 dengan standar deviasi 6,11 dan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 64,00 dengan standar deviasi 7,59 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil yang diperoleh melalui uji-t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk probabilitas sebesar 0,05 diperoleh signifikansi sebesar 0,00 dengan 0,00 lebih kecil 0,05. Maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model inquiry training pada materi impuls dan momentum di kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae, hal tersebut dapat terlihat pada hasil belajar pretest dan posttest peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok impuls dan momentum kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae TP 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5716
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback