PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DALAM BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG (STUDI KASUS WISATAWAN BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata bukit indah Simarjarunjung pada studi kasus wisatawan bukit indah Simarjarunjung.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling deangan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Teknik analisis variabel yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis adata yang diproleh dari persamaan regresi berganda yaitu Y = = 1,937 – 0,159 X1 + 0,529 X2 + 0,110 X3 + 0,207 X4 + 0,812 X5 + e.
Berdasarkan uji-t menunjukan bahwa promosi dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Tetapi harga, orang dan proses berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Uji F meunjukan secara serentak variabel harga, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh simultan terhadap kepuasan wisatawan. analisis koefisien determinasi diproleh nilai R2 sebesar 0,571 itu artinya 50,71% dari kepuasan wisatawan pada objek wisata bukit indah simarjarunjung dapat dijelaskan oleh perubahan variabel Harga, Promosi,Orang, Proses dan Bukti Fisik sedangkan sisanya 48,29% di jelaskan oleh faktor-faktor lain.
Collections
- Manajemen [1151]