PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN SAAT KULIAH ONLINE
Abstract
Pendidikan adalah suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan atau kebiasaan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok baik secara langsung maupun otodidak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa universitas HKBP nommensen medan saat kuliah online. Penelitian ini memakai metode kuantitatif menggunakan teknik pengambilan simple yaitu Accidental Sampling. Jumlah sampel 383 mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar memberikan kontribusi terhadap Motivasi Belajar dengan R square sebesar 0,381 atau 38,1% sedangkan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]