PENGARUH ATRAKSI, AKTIVITAS, AKSESIBILITAS, AKOMODASI, AMENITAS TERHADAP KEPUASAN BERKUNJUNG DAN LOYALITAS WISATAWAN PADA MUSEUM T. B SILALAHI CENTER
Abstract
Indonesia memiliki potensi daya tarik wisata budaya yang beragam, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan sektor pariwisata unggulan yang terkenal di dunia. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam objek wisata budaya yang indah, salah satu objek wisata budaya unggulan di Sumatera Utara yang terletak di Kota Balige adalah Museum T.B Silalahi Center. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh atraksi, aktivitas, aksesbilitas, akomodasi, amenitas terhadap kepuasan berkunjung dan loyalitas wisatawan pada Museum T. B Silalahi Center. Penelitian ini menggunakan dua model yaitu y1 (kepuasan berkunjung) dan y2 (loyalitas wisatawan), Populasi dalam penelitian adalah wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Museum T.B Silalahi Center minimal dua kali. Dengan menggunakan purposive sampling maka didapatkan hasil sampel sebanyak 120 responden. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi berganda, uji t, dan uji f dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 23 untuk pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas, aksesibilitas, dan amenitas berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengujung sedangkan atraksi dan akomodasi tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasan berkunjung. Selain itu atraksi, akomodasi, dan amenitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas wisatawan, sedangkan variabel aktivitas dan aksesibilitas tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas wisatawan pada Museum T.B Silalahi Center.
Collections
- Manajemen [1151]