• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN MOTIVASI WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA TENUN ULOS BATAK DI TARUTUNG

    Thumbnail
    View/Open
    ASNI SYAHFITTRI SIJABAT.pdf (266.4Kb)
    Date
    2021-09-16
    Author
    SIJABAT, ASNI SYAHFITTRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan UMKM menjadi salah satu bentuk usaha yang banyak berkembang di indonesia, salah satu nya di daerah Tarutung. Tarutung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pengrajin ulos. Ulos yang dihasilkan oleh pengrajin tenun ulos memiliki banyak motif dan variasi yang berbeda antara satu pengrajin dengan pengrajin lain nya. Perkembangan ini tentu nya tidak lepas dari dukungan dan motivasi yang dimiliki oleh pengrajin tenun ulos yang ada di Tarutung. Oleh karena kondisi tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan ( social support ) dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan ( social support ) dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung baik secara parsial dan simultan. Instrumen dalam penelitian ini terbagi atas 3 variabel yaitu social support, motivasi wirausaha, dan keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengrajin tenun ulos batak di Tarutung. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara langsung dan membagikan kuisioner. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial terdapat pengaruh signifikan social support terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung dan juga terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan social support dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha tenun ulos batak di Tarutung. Dalam penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 20,3 % yang menunjukkan bahwa keberhasilan usaha ( Y ) dapat dijelaskan oleh variabel social support ( X1 ) dan motivasi wirausaha ( X2 ) sebesar 20,3 % dan sisa nya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5340
    Collections
    • Manajemen [1191]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback