Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X SMA Negeri 2 Lahusa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 2 Lahusa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahusa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan selama 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong baik, sedangkan hasil belajar siswa tergolong cukup yang dapat diperoleh dari nilai rata-rata postes kelas eksperimen 64,38 dengan standar deviasi 15,32 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 54,38 dengan standar deviasi 13,00 setelah diberikan perlakuan. Besarnya persentase hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 20,25%. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 38 diperoleh thitung = 2,20 dan ttabel = 1,67, dengan thitung > ttabel. Maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 2 Lahusa.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]