• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASISTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII DESA BOSAR GALUGUR KECAMATAN TANAH JAWA

    Thumbnail
    View/Open
    Arga Fitriyani Sitorus.pdf (388.5Kb)
    Date
    2020-09-28
    Author
    Sitorus, Arga Fitriyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif berbasisis tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Getaran dan Gelombang kelas VIII SMP Negeri di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah jawa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah jawa. Dengan teknik Sampling Jenuh diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol kelas (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda serta lembar observasi keterampilan proses siswa. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata Postes siswa kelas eksperimen = 81,07 dengan Standar Deviasi = 11,63 dan nilai rata-rata post-test siswa kelas kontrol = 65,45 dengan Standar Deviasi = 15.08. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 3,9283 sedangkan ttabel sebesar 2,069 pada taraf α = 0,05 dengan dk = 23 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 3,93 > 2,06 berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan Ho . Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif berbasisis tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Getaran dan Gelombang di kelas VIII Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah jawa. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,8%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5024
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback