• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SMA/MA KECAMATAN PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Perseveranda Onjom.pdf (224.9Kb)
    Date
    2020-09-12
    Author
    Onjom, Perseveranda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana prasarana dan pemanfaatan laboratorium fisika di Negeri SMA Negeri maupun Swasta Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan survey explorative yakni dengan melakukan observasi dan eksplorasi (penggalian) dengan menggunakan instrumen pengumpulan data untuk mendapatkan jawaban permasalahan dan pencapaian tujuan penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri maupun Swasta di Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir yang memiliki laboratorium fisika dan terdiri dari 4 sekolah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 sekolah yaitu SMA Negeri 1 Pangururan, SMA Negeri 2 pangururan, SMA Swasta St. Mikael,dan SMA Swasta HKBP. Total sampel berjumlah 82 sampel. Pengambilan data menggunakan observasi langsung, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa laboratorium fisika di SMA Negeri maupun Swasta Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir tergolong dalam kategori baik. Sesuai dengan Permendiknas No.24 Tahun 2007 pemanfaatan laboratorium fisika SMA Negeri SMA Negeri maupun Swasta Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 69,50% (Kelengakapan sarana prasarana laboratorium fisika) dan pemanfaatan laboratorium fisika SMA 72,00% (angket guru) dan 77,00% (angket siswa), begitu juga dengan pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap penunjang proses pembelajaran tergolong sangat baik dengan rata-rata (82,35%).
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5022
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback