• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan model pembelajaran Joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Debora Tanjung.pdf (265.4Kb)
    Date
    2015-08-26
    Author
    Tanjung, Debora
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model dan Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015 . Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tapian Nauli yang berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model Joyfull Learning disertai pendekatan bermain diluar kelas. Berdasarkan refleksi siklus I, diambil langkah-langkah perbaikan proses pembelajaran dan dilakukan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 44% (kategori kurang aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 75,72% (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa , pada siklus I diperoleh 44,4% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65, sedangkan pada siklus II diperoleh 85,1% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65. Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 31,72% dan tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 40,7%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/489
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback