Show simple item record

dc.contributor.authorTanjung, Debora
dc.date.accessioned2018-03-14T11:13:28Z
dc.date.available2018-03-14T11:13:28Z
dc.date.issued2015-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/489
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model dan Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015 . Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tapian Nauli yang berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan model Joyfull Learning disertai pendekatan bermain diluar kelas. Berdasarkan refleksi siklus I, diambil langkah-langkah perbaikan proses pembelajaran dan dilakukan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 44% (kategori kurang aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 75,72% (kategori aktif). Hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa , pada siklus I diperoleh 44,4% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65, sedangkan pada siklus II diperoleh 85,1% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65. Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 31,72% dan tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 40,7%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan Penerapan model pembelajaran joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014 / 2015en_US
dc.subjectModel Joyfull Learning)en_US
dc.subjectBermain diluar Kelasen_US
dc.subjectKemampuan pemahaman konsep.en_US
dc.titlePenerapan model pembelajaran Joyfull Learning dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli T.A 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record