PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION , READ , REFLECT , RECITE , AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TEKANAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KABUN TP 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tekanan kelas VIII di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kabun. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Random Sampling yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70,47, varians 158, 64 dan standar deviasi 12,60 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 62,74, varians 143,06 dan standar deviasi 11,96. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 22,80 + 0,75 X. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 61 diperoleh thitung = 2,51 dan ttabel = 1,66 dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tekanan kelas VIII di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]