PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTADIDIK PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDESKELAS VIII DI DESA BOSAR GALUGURKECAMATAN TANAH JAWATP 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Archimedes kelasVIII SMP di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa TP 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan pengambilan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP yang ada di Desa Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana terdapat 22 siswa kelas yang duduk dikelas VIII SMP, mereka dibagi menjadi dua kelas yaitu sebanyak 12 siswa dalam kelas eksperimen yang dinamakan kelas VIII-1 dan 10 siswa di golongkan sebagai kelas kontrol dan dinamakan kelas VIII-2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda. Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata pretes kelas eksperimen 24,6 dan nilai rata – rata kelas kontrol 16,00. Sebelum diuji dengan uji t, dilakukan uji prasyarat yang menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji t diperoleh thitung =1,64 < ttabel = 2,086 pada taraf signifikan α = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal siswa. Setelah diberikan perlakuan berbeda, diperoleh nilai rata – rata postes kelas eksperimen 72,92 sedangkan nilai rata – rata kelas kontrol 29,5. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t uji t satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,27 > ttabel = 1,725 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar pada materi Hukum Archimedes kelas VIII di Desa Bosar GalugurKecamatan Tanah Jawa TP 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]