• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Entry Behavior Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV) Di SMP Negeri 17 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Dewi Sari.pdf (242.9Kb)
    Date
    2014-09-28
    Author
    Purba, Mei Dewi Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 9 kelas yang terdiri dari 286 jumlah siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling pada siwa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil post-test kemampuan penalaran matematika siswa = 64,77, artinya kemampuan penalaran matematika siswa tergolong baik dan rata-rata hasil observasi strategi Entry Behavior = 71,1, artinya bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Entry Behavior sudah dilakukan dengan baik. Berdasarkan nilai kemampuan penalaran matematika siswa diperoleh persamaan regresi Y ̂ = 26,38 + 0,54X, nilai b = 0,54 artinya jika pembelajaran Entry Behavior bertambah sebesar 1 satuan akan meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa sebesar 0,54 satuan. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,009 < 3,65, artinya terdapat hubungan yang linear dan berarti antara strategi pembelajaran Entry Behavior dengan kemampuan penalaran matematika. Hasil uji keberartian regresi diperoleh sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel atau 28 > 4,20 3,65 artinya ada pengaruh antara strategi pembelajaran Entry Behavior dengan kemampuan penalaran matematika atau ada pengaruh strategi pembelajaran Entry Behavior dengan kemampuan penalaran matematika siswa. Dari hasil perhitungan korelasi Product Moment diperoleh rhitung = 0,916 artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat atau sangat tinggi antara strategi pembelajaran Entry Behavior dengan kemampuan penalaran matematika. Untuk uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung > ttabel atau 12,085 > 2,048 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat dan berarti antara strategi pembelajaran Entry Behavior dengan kemampuan penalaran matematika. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 97,65% artinya bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dipengaruhi oleh strategi pembelajaran Entry Behavior sebesar 83,91% sedangkan sisanya 16,09% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Entry Behavior terhadap kemampuan penalaran siswa. Sehingga diharapkan strategi pembelajaran Entry Behavior dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/444
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback