PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW I DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model kooperatif tipe jigsaw I dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas X. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan instrumen bentuk uraian. Perhitungan analisa data menggunakan uji-t Benferoni. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw I lebih baik daripada pendekatan ilmiah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]