PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN SERTA DAMPAK KUALITAS PELAYANAN PADA PT. TASPEN (PERSERO) SIANTAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan serta dampaknya terhadap kualitas pelayanan pada PT Taspen (Persero) Siantar.Lokasi penelitian ini dilakukan pada PT Taspen (Persero) Siantar.Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas; komunikasi organisasi dan disiplin, variabel terikat; kualitas pelayanan, dan variabel intervening/mediasi yaitu kinerja karyawan PT Taspen (Persero) Siantar. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 230 orang nasabah dengan menggunakan teknik sampling yang ditetapkan dengan mengalikan 10 dikali jumlah indikator variabel laten dalam penelitian. Metode analisisd data adalah dengan menggunakan metode structural equation modelling dengan software Amos versi 22.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel komunikasi dan disiplin mempengaruhi kinerja karyawan secara positif dan signifikan. (2) Variabel komunikasi dan disiplin berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan, (3) Variabel kinerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan secara positif dan signifikan, (4) kinerja karyawan memediasi hubungan komunikasi dan disiplin secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya pengaruh tidak langsung tersebut maka peningkatan kinerja karyawan akan sangat dapat membantu peningkatan kualitas pelayanan terhadap nasabah.
Collections
- Manajemen [955]