PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP PADA PERUSAHAAN LAZADA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop pada perusahaan Lazada pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu harga dan kualitas pelayanan, dengan satu varibel terikat yatu keputusan pembelian.Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyususnan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 97 responden yang sudah pernah melakukan pembelian di Lazada.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Metode analis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t, uji F dan uji determinsi.
Dari hasil uji validitas maka di dapatkan nilai R tabel sebesar 0.1680, uji reabilitas lebih besar dari 0.6, uji asumsi klasik didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.200, uji analisis linear berganda persepsi harga bernilai positif sebesar 0.238 dan kualitas pelayanan bernilai positi sebesar 0.407, uji t variabel harga signifikansi sebesar 0.016 dan variabel kualitas pelayanan dengan signifikansi sebesar 0.001, uji f disimpulkan dengan nilai signifikansi 0.000<0.05, dan uji determinasi dapat disimpulkan variabel harga dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 0.450
Berdasakan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Sebagai hasil akhir, diketahui bahwa variabel persepsi harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online shop di Lazada pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
Collections
- Manajemen [1151]