PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN DAN KEMANFAATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-money pada masyarakat kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Medan yang telah menggunakan e-money. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 masyarakat yang menggunakan e-money. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Dari penelitian ini, penulis menyarankan bagi penerbit e-money agar meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk, kemudian penulis juga menyarankan agar manfaat dari e-money dapat dipertahankan. Bagi peneliti selanjutnya, penulis sarankan agar menggunakan variabel lebih banyak lagi sehingga dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-money.
Collections
- Manajemen [1151]