• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA PADA MATERI BUNYI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.P 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Bistok Pasaribu.pdf (648.1Kb)
    Date
    2015-08-21
    Author
    PASARIBU, BISTOK H
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 235 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan tes kepada kedua kelas, sehingga diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 37 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas pembanding (Kontrol) yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan ganda yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes pada masing- masing kelompok sampel memiliki sebaran data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Liliefors. Selanjutnya data postest untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji Hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji rata-rata satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,27 hasil ini dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk = 60 dan dk = 120 yaitu ttabel = 1,67 thit > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar Fisika yang diajarkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan belajar siswa pada materi pokok bunyi di SMP Negeri 37 Medan Kelas VIII semester II T.P.2014/2015 ada peningkatan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/371
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback