• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah di Kelas VIII SMPNegeri 24 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Revina Swantri.pdf (346.3Kb)
    Date
    2017-09-22
    Author
    Sinurat, Revina Swantri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakah ada pengaruh modelpembelajaran problem based learningterhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa Pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 304 dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-8 dengan jumlah siswa 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Kemudian data dianalisis dan menarik kesimpulan dari data yang telah diperoleh.Hasil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model problem based learningdariuji linearitas regresi diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier dengan persamaan regresi Ŷ=17,061+0,775X dan kedua variabel mempunyai hubungan yang linear yang positif. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi siswa sebesar 37,16 % sisanya 62,84% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model problem based learning dariuji linearitas regresi diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier dengan persamaan regresi Ŷ=36,67+0,49X dan kedua variabel mempunyai hubungan yang linear yang positif. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar30,64% sedangkan sisanya 69,38% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Dan diharapkan model pembelajaran problem based learning dapat diterapkan menjadi alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/364
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback