Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana Kelas VIII Semester I Di SMP Negeri 37 T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pesawat sederhana di kelas VIII semester I SMP N 37 Medan T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets – Potstest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah yang di pilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII-h sehingga kelas eksperimen dan kelas VIII-e sebagai kelas control. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah di berikan perlakuan yang berbeda, di peroleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61.16 dengan standar deviasi 14.54 dan nilai rata-rata postes kelas control 54.83 dengan standar deviasi 15.06. Melalui uji t satu pihak data postes kelas eksperimen dan kelas control untuk α = 0.05 dan dk = 58 di peroleh thitung = 1.783 dan ttabel = 1.671 dengan thitung > ttabel maka Ha di terima dan Ho ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pesawat sederhana di kelas VIII semester I SMP N 37 Medan T.P 2019/2020.
Sedangkan hubungan masing-masing variable diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil ϒ=51.52 + 0.14 X hal ini dapat di lihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,34%.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]