PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berparadigma Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didi pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.A 2018/2019.
Hasil kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di peroleh bahwa kedua variable mempunyai hubungan linier yang positif dengan persamaan regresi Y = 14,819 + 0,393X. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep serta didik sebesar 61,9% dan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh factor lain. Hasil kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh regresi Y = 12,566 + 0,404 X. Pengaruh model pembelajaran Promblem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh factor lain. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Berparadigma Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didi pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.A 2018/2019, sehingga di harapkan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]