• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPARADIGMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Maya Riska Sitorus.pdf (434.5Kb)
    Date
    2019-08-14
    Author
    Sitorus, Maya Riska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berparadigma Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didi pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.A 2018/2019. Hasil kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di peroleh bahwa kedua variable mempunyai hubungan linier yang positif dengan persamaan regresi Y = 14,819 + 0,393X. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep serta didik sebesar 61,9% dan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh factor lain. Hasil kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh regresi Y = 12,566 + 0,404 X. Pengaruh model pembelajaran Promblem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh factor lain. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Berparadigma Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didi pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.A 2018/2019, sehingga di harapkan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3589
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback