• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana Kelas VIII Semester I SMP Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Romauli Br. Manullang.pdf (427.7Kb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    Br. Manullang, Romauli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pesawat sederhana kelas VIII semester I SMP Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 58,55 dengan standar deviasi 12,12 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 50,00 dengan standar deviasi 12,58. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=60 diperoleh thitung= 2,78 dan ttabel=1,67, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pesawat Kelas VIII semester I SMP Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 22,50 + 0,59X. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3470
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback