Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifk terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.P. 2018/1019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Teladan Medan pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster sample, siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), dan siswa kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen yang digunakan penilitian yaitu instrumen tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,696, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari pemahaman konsep siswa.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]