• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifk terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Swasta Teladan Medan T.P. 2018/1019

    Thumbnail
    View/Open
    Libora Manalu.pdf (428.4Kb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    Manalu, Libora
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Teladan Medan pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster sample, siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), dan siswa kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen yang digunakan penilitian yaitu instrumen tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,696, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari pemahaman konsep siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3469
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback