PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW I DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU DI SMA NEGERI 1 TIGA BINANGA TP . 2018/2019.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang lebih baik diantara penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di SMA Negeri 1 Tiga Binanga. TP. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas X IPA. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas (n=35). Instrumen dalam penelitian ini adalah test berbentuk uraian. Perhitungan analisis data menggunakan uji t dari Benferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw I lebih baik daripada pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku di SMA Negeri 1 Tiga Binanga TP . 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]