• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Tomando Alfandi Pasaribu.pdf (347.5Kb)
    Date
    2019-09-18
    Author
    Pasaribu, Tomando Alfandi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019. Adapun kearifan budaya lokal yang dipakai pada penelitian ini adalah budaya masyarakat Melayu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan. Dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,71>1,68 dan pada kemampuan komunikasi matematis t_hitung>t_tabel yaitu 3,27>1,68 pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan koneksi mempunyai nilai rata-rata μ_1=80,56 dan pada kemampuan komunikasi mempunyai nilai rata-rata μ_1=81,16. Pada kelas kontrol kemampuan koneksi mempunyai nilai rata-rata μ_2=77,12 dan pada kemampuan komunikasi mempunyai nilai rata-rata μ_2=78,2. Dengan memperhatikan perbandingan nilai t maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis kearifan lokal memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata T.P. 2018/2019.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3452
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback