Show simple item record

dc.contributor.authorPasaribu, Tomando Alfandi
dc.date.accessioned2019-11-30T04:04:43Z
dc.date.available2019-11-30T04:04:43Z
dc.date.issued2019-09-18
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3452
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019. Adapun kearifan budaya lokal yang dipakai pada penelitian ini adalah budaya masyarakat Melayu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan. Dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,71>1,68 dan pada kemampuan komunikasi matematis t_hitung>t_tabel yaitu 3,27>1,68 pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan koneksi mempunyai nilai rata-rata μ_1=80,56 dan pada kemampuan komunikasi mempunyai nilai rata-rata μ_1=81,16. Pada kelas kontrol kemampuan koneksi mempunyai nilai rata-rata μ_2=77,12 dan pada kemampuan komunikasi mempunyai nilai rata-rata μ_2=78,2. Dengan memperhatikan perbandingan nilai t maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis kearifan lokal memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi dan komunikasi matematis peserta didik pada materi balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata T.P. 2018/2019.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Kearifan Lokal Kemampuan Koneksi,en_US
dc.subjectkemampuan komunikasi matematisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Balok di Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record