• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Diselingi Motivasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Herlina Oktavia Julika Sihombing.pdf (349.4Kb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    Sihombing, Herlina Oktavia Julika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching diselingi motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematika siswa pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.P 2018/2019. Sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata pre-test kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol 77,333 dengan standar deviasi 8,962 dan nilai rata-rata pre-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol 78,047 dengan standar deviasi 8,930 sedangkan nilai rata-rata pre-test kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 79,766 dengan standar deviasi 8,869 dan nilai rata-rata pre-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 79,166 dengan standar deviasi 9,340. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol 86,952 dengan standar deviasi 7,7812 dan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol 83,381 dengan standar deviasi 9,140 sedangkan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 88,4 dengan standar deviasi 6,657 dan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 86,633 dengan standar deviasi 5,610. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (∝ = 0,05). Dari hasil persamaan regresi satu pihak disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching diselingi motivasi terhadap kemampuan berpikir kiritis dan berpikir kreatif siswa. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3448
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback