Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Aplikasi Cosinus Trigonometri di Kelas X SMA RKSerdang Murni Lubuk Pakam T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pembelajaran yang terbaik diantara model Kooperatif tipe Jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dengan sampel 1 kelas (n = 35). Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Perhitungan analisa data menggunakan uji F dan uji t dari Benferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran dengan model kooperatif jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri dan Pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri di kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam TP. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]