Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Aplikasi Cosinus Trigonometri di Kelas X SMA RKSerdang Murni Lubuk Pakam T.P. 2018/2019
dc.contributor.author | Kristiani, Recha | |
dc.date.accessioned | 2019-11-30T02:17:28Z | |
dc.date.available | 2019-11-30T02:17:28Z | |
dc.date.issued | 2019-09-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3442 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pembelajaran yang terbaik diantara model Kooperatif tipe Jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dengan sampel 1 kelas (n = 35). Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Perhitungan analisa data menggunakan uji F dan uji t dari Benferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran dengan model kooperatif jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri dan Pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi aplikasi cosinus trigonometri di kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam TP. 2018/2019. | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep, | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah, | en_US |
dc.subject | model kooperatif Jigsaw I, | en_US |
dc.subject | Pendekatan Ilmiah | en_US |
dc.title | Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Aplikasi Cosinus Trigonometri di Kelas X SMA RKSerdang Murni Lubuk Pakam T.P. 2018/2019 | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Pendidikan Matematika [663]