Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis pada materi SPLDV kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian eksperimen (VIII-B).
Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah Y ̂=12,778+0,849X dan persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis yaitu Y ̂=12,439+0,853X. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemecahan masalah diperoleh F_hitung=53,214 dengan nilai F_Tabel=4,20 dengan demikian F_hitung> F_(tabel ) atau 523,214>4,20 sehingga H_a diterima H_0 ditolak. Sedangkan uji keberartian regresi tehadap kemampuan komunikasi matematis diperoleh F_hitung=52,777 dengan nilai F_Tabel=4,20 dengan demikian F_hitung> F_(tabel ) atau 52,777 >4,20 sehingga H_a diterima H_0 ditolak.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Maria Goretti Kabanjahe T.P 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]