PENGARUH IKLAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP INSTANT (Studi Kasus Pada Mayarakat Di Kelurahan Sidorame Barat I, Medan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklan dan Perepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Instan pada Masyarakat di Kelurahan Sidorame Barat I Medan. Metode analisis data yang dilakukan adalah metode deskriptif, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi klasik yang terdiri dari Uji Multikolinieritas, Uji Heterokedastisitas, serta Uju Hipotesis terdiri dari yaitu Uji Regresi Linier Berganda, Uji T (Parsial), Uji F (Simultan), Uji Determinasi (R2).
Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 125 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode Sampel Jenuh. Sebagai variabel Independen yaitu Iklan dan Persepsi Harga dengan variabel Dependen nya adalah keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dapat diketahui bahwa variabel iklan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap Instan. Hal ini dapat dilihat dari metode Regresi Linier Berganda yaitu = Y= 4,294+0,506+X1+0,672X2. Dengan cara Uji T (Parsial) dapat diketahui bahwa iklan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap Instan. Hal ini dapat dilihat variabel iklan Thitung<Ttabel(0,00<0,05) Variabel persepsi harga Thitung<Ttabel(0,00<0,05). Hasil analisis menggunakan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,604 atau 60,4% yang berarti variabel terikat yaitu keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu Iklan dan Perspsi Harga dan sisanya 39,6% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk Metode Regresi penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]