EfektivitasModel PembelajaranProblem Based Learning(PBL) denganmenggunakanalatperagaterhadapKemampuan PemahamanMatematisDan KreativitasMatematika Siswa Di Kelas VIII SMPNegeri 1 Uluan T.A 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah model pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Uluandan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Uluan dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini observasidantes.
Berdasarkanhasilanalisisdata, nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 72,57dan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen diperolehLhitung = 0,0608 Ltabel=0,161karenaLhitung<Ltabelmaka disimpulkan data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Dari observasi aktivitasbelajarsiswadiperoleh16 siswakriteriaaktivitasbelajarsangatbaik, 11 siswakriteriaaktivitasbelajarbaikdan 3 siswadengankriteriaaktivitasbelajarcukupbaik.Nilairata-rataposttest77,36denganstandartdeviasi 14,91 diperolehLhitung = 0,0821 denganLtabel= 0,161karenaLhitung<Ltabelmaka data posttest berdistribusi normal. Berdasarkanketuntasanbelajarsiswasecara individual,terdapat 26siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan 4siswabelumtuntasdalambelajar,Sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikal adalahsebesar86,6%. Data observasiterhadaphasilperhitunganalokasiwaktudiperolehhasil rata-rata penilaianolehobservatorpadapertemuan 1 danpertemuan 2 rata-rata observasi 4,7 maka, padapertemuan 1 danpertemuan 2 hasilobservasidalamkategoribaik. Berdasarkan penelitian tersebutdapat disimpulkanbahwamodel pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]