• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EfektivitasModel PembelajaranProblem Based Learning(PBL) denganmenggunakanalatperagaterhadapKemampuan PemahamanMatematisDan KreativitasMatematika Siswa Di Kelas VIII SMPNegeri 1 Uluan T.A 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Atalia Tambunan.pdf (274.9Kb)
    Date
    2017-08-13
    Author
    Tambunan, Atalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah model pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Uluandan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Uluan dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini observasidantes. Berdasarkanhasilanalisisdata, nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 72,57dan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen diperolehLhitung = 0,0608 Ltabel=0,161karenaLhitung<Ltabelmaka disimpulkan data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Dari observasi aktivitasbelajarsiswadiperoleh16 siswakriteriaaktivitasbelajarsangatbaik, 11 siswakriteriaaktivitasbelajarbaikdan 3 siswadengankriteriaaktivitasbelajarcukupbaik.Nilairata-rataposttest77,36denganstandartdeviasi 14,91 diperolehLhitung = 0,0821 denganLtabel= 0,161karenaLhitung<Ltabelmaka data posttest berdistribusi normal. Berdasarkanketuntasanbelajarsiswasecara individual,terdapat 26siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan 4siswabelumtuntasdalambelajar,Sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikal adalahsebesar86,6%. Data observasiterhadaphasilperhitunganalokasiwaktudiperolehhasil rata-rata penilaianolehobservatorpadapertemuan 1 danpertemuan 2 rata-rata observasi 4,7 maka, padapertemuan 1 danpertemuan 2 hasilobservasidalamkategoribaik. Berdasarkan penelitian tersebutdapat disimpulkanbahwamodel pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/325
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback