Show simple item record

dc.contributor.authorTambunan, Atalia
dc.date.accessioned2018-03-12T10:48:07Z
dc.date.available2018-03-12T10:48:07Z
dc.date.issued2017-08-13
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/325
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah model pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Quasi Eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Uluandan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Uluan dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini observasidantes. Berdasarkanhasilanalisisdata, nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 72,57dan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen diperolehLhitung = 0,0608 Ltabel=0,161karenaLhitung<Ltabelmaka disimpulkan data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Dari observasi aktivitasbelajarsiswadiperoleh16 siswakriteriaaktivitasbelajarsangatbaik, 11 siswakriteriaaktivitasbelajarbaikdan 3 siswadengankriteriaaktivitasbelajarcukupbaik.Nilairata-rataposttest77,36denganstandartdeviasi 14,91 diperolehLhitung = 0,0821 denganLtabel= 0,161karenaLhitung<Ltabelmaka data posttest berdistribusi normal. Berdasarkanketuntasanbelajarsiswasecara individual,terdapat 26siswa yang tuntasdalambelajar yang memperoleh ≥ 65% dan 4siswabelumtuntasdalambelajar,Sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikal adalahsebesar86,6%. Data observasiterhadaphasilperhitunganalokasiwaktudiperolehhasil rata-rata penilaianolehobservatorpadapertemuan 1 danpertemuan 2 rata-rata observasi 4,7 maka, padapertemuan 1 danpertemuan 2 hasilobservasidalamkategoribaik. Berdasarkan penelitian tersebutdapat disimpulkanbahwamodel pembelajaranProblem Based Learningdenganmenggunakanalatperagaefektifterhadapkemampuanpemahamanmatematisdankreativitasmatematikasiswa.en_US
dc.subjectPembelajaranProblem Based Learning(PBLen_US
dc.subjectdenganmenggunakanalatperagaterhadapKemampuan PemahamanMatematisen_US
dc.subjectKreativitasMatematikaen_US
dc.titleEfektivitasModel PembelajaranProblem Based Learning(PBL) denganmenggunakanalatperagaterhadapKemampuan PemahamanMatematisDan KreativitasMatematika Siswa Di Kelas VIII SMPNegeri 1 Uluan T.A 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record