PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN TARUTUNG JENIS TUMTUMAN DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Tenun Tarutung Jenis Tumtuman di Kota Medan dan juga untuk menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Metode analisis yang regresi linier berganda dengan menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu koesioner. Penelitian ini menggunakan 85 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (persepsi harga dan kualitas produk) secara serempak adalah signifikan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji F , Fhitung pada kolom F yakni sebesar 68,189 dengan tingkat signifikan 0.000 lebih besar dari nilai Ftabel yakni 2,75, dengan meningkatkan kesalahan α =5%, atau dengan kata lain Fhitung > Ftabel (68,189 > 2,75). Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) = 0.500 berarti 50 % keragaman variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi harga dan kualitas produk. Sedangkan sisanya 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dariuji diatas diketahui bahwa variabel persepsi harga dan kualitas produk dapat membuat keputusan pembelian.
Collections
- Manajemen [1151]