PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE PADA APLIKASI LAZADA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Piferensiasi Produk an Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 75 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan yang pernah berbelanja menggunakan aplikasi Lazada . Jenis penelitian ini dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan proses analisis data menggunakan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial dan simultan antara diferensiasi produk dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian berdasarkan uji t, diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan,sedangkan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Lazada. Berdasarakan uji F variabel diferensiasi produk dan kepercayaan pelanggan secara bersam-sama berpengaruh posotif dan signifikan terhadp keputusan pembelian pada aplikasi Lazada.
Nilai R square adalah sebesar 0,902. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel diferensiasi produk dan kepercayaan pelanggan mampu menjelaskan variasi variable keputusan pembelian sebesar 0,902 sedangkan sisanya sebesar 0,098 dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian.
Collections
- Manajemen [1151]